MEKANISME MAGANG MANDIRI DI BISNIS DIGITAL FE UNM

Magang menjadi salah satu syarat utama melalui proses pendidikan yang biasanya dilakukan atau dilalui mahasiswa tingkat akhir di kampus. Sebelum mengerjakan skripsi, mahasiswa diharuskan menyelesaikan berbagai mata kuliah, salah satunya magang.

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan diluncurkan sebuah kebijakan untuk mentransformasi sistem Pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang lebih relevan. MBKM dijalankan melalui 4 pilar kebijakan: (1) Pembukaan Program Studi baru, (2) Sistem akreditasi Perguruan Tinggi, (3) Perguruan Tinggi Berbadan Hukum, dan (4) Hak belajar di luar Program Studi.
 
MBKM Mandiri adalah sebuah bentuk dorongan kebijakan Kampus Merdeka yang mendorong Perguruan Tinggi (PT) untuk menjalankan program MBKM secara mandiri. Dalam bentuk implementasi MBKM mandiri, PT menyelenggarakan, mendanai, dan mengeksekusi program MBKM-nya tanpa intervensi dari Kemendikbudristek. Tujuan MKBM mandiri adalah untuk membantu sebanyak-banyaknya mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus demi persiapan karir di masa depan.

MBKM Mandiri menekankan kemandirian, di mana program yang dijalankan oleh Perguruan Tinggi tidak disubsidi dan dikelola oleh Kemendikbudristek. Sehingga, Perguruan Tinggi dapat melaksanakan program yang diinginkan dengan ketentuan regulasi, pendanaan, linimasa, dan kebutuhan dokumentasi yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi itu sendiri.

Berikut Mekanisme Magang Mandiri di Bisnis Digital FE UNM

  1. Ada Rencana/proposal yang menggambarkan aktivitas yang akan dilakukan di Lokasi Magang (survey via browsing, tanya-tanya, dll)
  2. Bidang kerja/Aktivitas Sesuai dengan profil Lulusan (keahlian lulusan :
  • Data Analyst (Visualisasi, Dashboard data, Business Inteligence, dll)
    -Digital Marketing (Instagram, FB Ads, Content Writer, Digital Storytelling, Web, SEO, SEM, dll)
  • Fintech (Analisis data keuangan)
  • Start UP, Marketplace, dll
  • Digitalisasi UMKM

(Tidak diperkenankan hanya sebagai admin (perkantoran), administrasi (arsiparis), dll yang tidak relevan dengan capaian kompetensi lulusan.

  1. Mendaftar di SIM MBKM UNM : https://sim.mbkm.unm.ac.id/
  2. Konsultasi dengan Prodi (Penentuan Pembimbing)
  3. Perhatikan Format proposal
    Cover Propsal menggunakan : FILE Rancangan_Program_BKP_MBKM_Mandiri di Dive

Panduan Magang /Praktik:
https://mbkm.unm.ac.id/files/MBKM%20UNM%20-%20BKP%20Magang%20Rev05062021.pdf

Kompetensi Lulusan:
http://bisdig.fe.unm.ac.id/profil/kompetensi-lulusan/

Link Magang Mandiri ada di Channel Telegram ALL BISDIG.