Kurikulum

Dalam upaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang efektif, diperlukan suatu panduan yang mengatur tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang akan disampaikan kepada mahasiswa. Body of Knowledge Digital Practitioner (BoK Digital Practitioner) adalah suatu kerangka pengetahuan yang mencakup kumpulan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang relevan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Untuk mengembangkan kurikulum Bahan Kajian merupakan hal yang mendasar. Bahan Kajian Bisnis Digital FE UNM dikembangkan dari Digital Practitioner Body of KnowledgeTM. Berdasarkan BoK (Body of Knowledge), Visi Misi Program Studi dan Profil Lulusan, maka Program Studi Bisnis Digital mengembangkan 3 BoK utama   Digital Business Platform Development, Digital Business Design, dan Literasi Digital, secara spesifik dapat disimak pada mindmap dan tabel berikut.

Profil Lulusan

  1. Data Analyst
  2. Asisten peneliti bidang Bisnis Digital
  3. Analis Keuangan Digital (Fintech)
  4. Praktisi Digital Marketing
  5. Praktisi Bidang Bisnis Digital (Start-up, Marketplace )

Body Of Knowldege Digital Practitioner.

Berdasarkan BoK di atas disusun Deskripsi Body of Knowledge di prodi Bisnis Digital.

KodeBahan Kajian (BK)Deskripsi Bahan Kajian
BK1Data Driven Innovation + DIKWData Driven Innovation (DDI) adalah pendekatan atau strategi yang mengutamakan penggunaan data sebagai dasar untuk menghasilkan inovasi. DDI juga dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat produk dan layanan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan rantai pasokan, dan mengidentifikasi peluang baru untuk pertumbuhan bisnis. Pendekatan DDI tidak hanya berlaku untuk bisnis, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang lainnya, seperti pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan riset ilmiah. DIKW (Data-Information-Knowledge-Wisdom) adalah sebuah model hirarkis yang menjelaskan bagaimana data dapat diubah menjadi informasi, informasi menjadi pengetahuan, dan pengetahuan menjadi kebijaksanaan (wisdom). DDI + DIKW menjadi dasar utama untuk tools analisa data, Platform analitik, big Data, Teknik Machine Learning, Visualisasi, Cloud Platform, dll
BK2Dasar PemrogramanDasar pemrograman komputer berupa pengenalan bahasa pemrograman seperti, HTML, CSS, JAVA, PHP,  Python, R, dan Java yang akan diperlukan pada berbagai mata kuliah seperti computer science, pemrograman for data science, digital marketing, social media analysis, dan Business Inteligence.
BK3Visual ProgrammingPemrograman visual merupakan metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara menggambar, menunjuk, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum.  membuat cerita interaktif,  algoritma, enterprises architecture, permainan, seni (art) dan lain-lain.
BK4Web Design and UI/UXUser Interface (UI) dan User Experience (UX) dalam pengembangan website dan aplikasi. User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Kajian ini akan mendukung beberapa mata kuliah yaitu digital marketing, web design and UI/UX, Desain Komunikasi Visual (DKV) Brand Lokal.
BK5Digital Business Design  Desain Bisnis digital adalah konsep yang fokus pada peningkatan kolaborasi, komunikasi, dan kepemimpinan dalam organisasi. Transformasi model bisnis yang berdasarkan pada old mindset ke digital mindset. Berbagai tipe Desain bisnis model seperti Open source model, free model, Subscruption based model, On-demand model, peer-to-peer model, E-commerce model, dll.
BK6        Digital Business Risk  Risiko digital untuk bisnis berkaitan dengan potensi penyalahgunaan teknologi digital. Beberapa hal yang berikaitan dengan hal ini adalah, keamanan siber, pencurian data, pemalsuan identitas, proteksi kekayaan intelektual dari serangan cracker.
BK7Literasi DigitalFilsafat teknologi menyatakan bahwa teknologi sejatinya dikembangkan untuk kehidupan manusia yang lebih baik, bukan untuk teknologi itu sendiri. Ada banyak peluang dalam rantai nilai bisnis digital. Literasi Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital. Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber, yang bisa diakses melalui teknologi. Dalam literasi digital bukan saja kemampuan menggunakan tetapi kemampuan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk kompetensi digital dan kehidupan yang lebih baik.

Sebaran Mata Kuliah Bisnis Digital FE UNM

Daftar sebaran mata kuliah tiap semester

Semester 1

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
120I08C101English Bussiness3W213
220I08C102Pendidikan Pancasila2W2 2
320I08C103Bahasa Indonesia2W2 2
4I81C104Pengantar Akuntansi3W213
5I81C105Pengantar Manajemen3W3 3
6I81C106Pengantar Ekonomi dan Bisnis3W3 3
7I81C107Pengantar Bisnis Digital3W3 3
8I81C108Statistik Bisnis 1 (Deskriptif)3W213
  Jumlah Beban Semester22

Semester 2

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
120I08C201Pendidikan Agama Islam*2W2 2
220I08C202Pendidikan Agama Kristen Protestan*2W2 2
320I08C203Pendidikan Agama Kristen Katolik*2W2 2
420I08C204Pendidikan Agama Hindu *2W2 2
520I08C205Pendidikan Agama Budha *2W2 2
620I08C206Pendidikan Agama Konghucu *2W2 2
720I08C207Pend. Kewarganegaraan2W2 2
8I81C208Filsafat Teknologi3W3 3
9I81C209Computer Science (2:1)3W213
10I81C210Algoritma dan Pemrog Dasar3W213
11I81C211Statistik Bisnis 2 (Analitik)3W213
12I81C212Ekonomi Mikro3W213
13I81C213Ekonomi Makro3W213
  Jumlah Beban Semester22

Keterangan: * dipilih satu sesuai dengan Agama dan Keyakinan masing-masing

Semester 3

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
1I81C301Pemrograman for Data scinece3W123
220I08C302Kewirausahaan3W213
3I81C303Digital Marketing3W213
4I81C304Manajemen Strategis3W3 3
5I81C305Matematika Bisnis3W213
6I81C306Regulasi dan Hukum Bisnis3W3 3
7I81C307Analisis Perilaku Konsumen3W213
  Jumlah Beban Semester21

Semester 4

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
1I81C401Design Thinking3W213
2I81C402Bisnis dan Ekonomi Global3W3 3
3I81C403Web Design and UI/UX3W123
4I81C404Etika Bisnis3W3 3
5I81C405Sosiologi Digital3W3 3
6I81C406Studi Kelayakan dan Rencana Bisnis3W213
7I81C407Ekonomi Digital3P3 3
  Jumlah Beban Semester21

Semester 5

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
1I81C502E-Commerce3W213
2I81C503Costumer Relation Management3W213
3I81C504Cloud System (Knowledge Management)3W213
4I81C505Metode Penelitian3W123
5I81C501Blockchain Economy3P213
6I81C506Transaksi Digital dan Fintech3P213
7I81C507Business Intelligence3P213
8I81C508Social Media Analysis3P213
9I81C509Pasar Modal3P213
Jumlah Beban Semester27

Semester 6

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
1I81C601Digital Risk Management3W213
2I81C602System Thinking3P213
3I81C603SImulasi Bisnis Digital (DS)3W123
4I81C604Architecture Enterprise3P213
5I81C605GIS for Business3W213
6I81C606Smart City Analysis3W213
7I81C607Supply Chains Management3P213
8I81C608Machine Learning3W123
9I81C609Bigdata3P123
Jumlah Beban Semester27

Semester 7

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
1I81C701Simulasi Bisnis Digital (DM)3W123
2I81C702Central Bank Digital Currency (CBDC)3P123
3I81C703DKV Brand Lokal (2:1)3W123
4I81C704Bisnis Intersip/KKN3W33
5I81C705Etika dan hukum Cyber3P33
6I81C706Cryptocurrency3P213
7I81C707Seminar Konsentrasi3W213
Jumlah Beban Semester21

Semester 8

NOKode MKMata KuliahSKSW/PBobot SKSJumlah
TeoriPraktik
1I81C801KKN3W033
2I81C707Seminar Konsentrasi3W213
3I81C801Skripsi / Project6W606
Jumlah Beban Semester12

Total sks yang wajib diselesaikan selama Studi S1 Bisnis Digital 146

Total mata kuliah Wajib : 128 SKS

Total sks MK Pilihan 39