Dalam upaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang efektif, diperlukan suatu panduan yang mengatur tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang akan disampaikan kepada mahasiswa. Body of Knowledge Digital Practitioner (BoK Digital Practitioner) adalah suatu kerangka pengetahuan yang mencakup kumpulan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang relevan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Untuk mengembangkan kurikulum Bahan Kajian merupakan hal yang mendasar. Bahan Kajian Bisnis Digital FE UNM dikembangkan dari Digital Practitioner Body of KnowledgeTM. Berdasarkan BoK (Body of Knowledge), Visi Misi Program Studi dan Profil Lulusan, maka Program Studi Bisnis Digital mengembangkan 3 BoK utama Digital Business Platform Development, Digital Business Design, dan Literasi Digital, secara spesifik dapat disimak pada mindmap dan tabel berikut.
Profil Lulusan
- Data Analyst
- Asisten peneliti bidang Bisnis Digital
- Analis Keuangan Digital (Fintech)
- Praktisi Digital Marketing
- Praktisi Bidang Bisnis Digital (Start-up, Marketplace )
Body Of Knowldege Digital Practitioner.
Berdasarkan BoK di atas disusun Deskripsi Body of Knowledge di prodi Bisnis Digital.
Kode | Bahan Kajian (BK) | Deskripsi Bahan Kajian |
BK1 | Data Driven Innovation + DIKW | Data Driven Innovation (DDI) adalah pendekatan atau strategi yang mengutamakan penggunaan data sebagai dasar untuk menghasilkan inovasi. DDI juga dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat produk dan layanan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan rantai pasokan, dan mengidentifikasi peluang baru untuk pertumbuhan bisnis. Pendekatan DDI tidak hanya berlaku untuk bisnis, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang lainnya, seperti pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan riset ilmiah. DIKW (Data-Information-Knowledge-Wisdom) adalah sebuah model hirarkis yang menjelaskan bagaimana data dapat diubah menjadi informasi, informasi menjadi pengetahuan, dan pengetahuan menjadi kebijaksanaan (wisdom). DDI + DIKW menjadi dasar utama untuk tools analisa data, Platform analitik, big Data, Teknik Machine Learning, Visualisasi, Cloud Platform, dll |
BK2 | Dasar Pemrograman | Dasar pemrograman komputer berupa pengenalan bahasa pemrograman seperti, HTML, CSS, JAVA, PHP, Python, R, dan Java yang akan diperlukan pada berbagai mata kuliah seperti computer science, pemrograman for data science, digital marketing, social media analysis, dan Business Inteligence. |
BK3 | Visual Programming | Pemrograman visual merupakan metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara menggambar, menunjuk, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum. membuat cerita interaktif, algoritma, enterprises architecture, permainan, seni (art) dan lain-lain. |
BK4 | Web Design and UI/UX | User Interface (UI) dan User Experience (UX) dalam pengembangan website dan aplikasi. User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Kajian ini akan mendukung beberapa mata kuliah yaitu digital marketing, web design and UI/UX, Desain Komunikasi Visual (DKV) Brand Lokal. |
BK5 | Digital Business Design | Desain Bisnis digital adalah konsep yang fokus pada peningkatan kolaborasi, komunikasi, dan kepemimpinan dalam organisasi. Transformasi model bisnis yang berdasarkan pada old mindset ke digital mindset. Berbagai tipe Desain bisnis model seperti Open source model, free model, Subscruption based model, On-demand model, peer-to-peer model, E-commerce model, dll. |
BK6 | Digital Business Risk | Risiko digital untuk bisnis berkaitan dengan potensi penyalahgunaan teknologi digital. Beberapa hal yang berikaitan dengan hal ini adalah, keamanan siber, pencurian data, pemalsuan identitas, proteksi kekayaan intelektual dari serangan cracker. |
BK7 | Literasi Digital | Filsafat teknologi menyatakan bahwa teknologi sejatinya dikembangkan untuk kehidupan manusia yang lebih baik, bukan untuk teknologi itu sendiri. Ada banyak peluang dalam rantai nilai bisnis digital. Literasi Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital. Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber, yang bisa diakses melalui teknologi. Dalam literasi digital bukan saja kemampuan menggunakan tetapi kemampuan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk kompetensi digital dan kehidupan yang lebih baik. |
Sebaran Mata Kuliah Bisnis Digital FE UNM
Daftar sebaran mata kuliah tiap semester
Semester 1
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | 20I08C101 | English Bussiness | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
2 | 20I08C102 | Pendidikan Pancasila | 2 | W | 2 | 2 | |
3 | 20I08C103 | Bahasa Indonesia | 2 | W | 2 | 2 | |
4 | I81C104 | Pengantar Akuntansi | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
5 | I81C105 | Pengantar Manajemen | 3 | W | 3 | 3 | |
6 | I81C106 | Pengantar Ekonomi dan Bisnis | 3 | W | 3 | 3 | |
7 | I81C107 | Pengantar Bisnis Digital | 3 | W | 3 | 3 | |
8 | I81C108 | Statistik Bisnis 1 (Deskriptif) | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
Jumlah Beban Semester | 22 |
Semester 2
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | 20I08C201 | Pendidikan Agama Islam* | 2 | W | 2 | 2 | |
2 | 20I08C202 | Pendidikan Agama Kristen Protestan* | 2 | W | 2 | 2 | |
3 | 20I08C203 | Pendidikan Agama Kristen Katolik* | 2 | W | 2 | 2 | |
4 | 20I08C204 | Pendidikan Agama Hindu * | 2 | W | 2 | 2 | |
5 | 20I08C205 | Pendidikan Agama Budha * | 2 | W | 2 | 2 | |
6 | 20I08C206 | Pendidikan Agama Konghucu * | 2 | W | 2 | 2 | |
7 | 20I08C207 | Pend. Kewarganegaraan | 2 | W | 2 | 2 | |
8 | I81C208 | Filsafat Teknologi | 3 | W | 3 | 3 | |
9 | I81C209 | Computer Science (2:1) | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
10 | I81C210 | Algoritma dan Pemrog Dasar | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
11 | I81C211 | Statistik Bisnis 2 (Analitik) | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
12 | I81C212 | Ekonomi Mikro | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
13 | I81C213 | Ekonomi Makro | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
Jumlah Beban Semester | 22 |
Keterangan: * dipilih satu sesuai dengan Agama dan Keyakinan masing-masing
Semester 3
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | I81C301 | Pemrograman for Data scinece | 3 | W | 1 | 2 | 3 |
2 | 20I08C302 | Kewirausahaan | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
3 | I81C303 | Digital Marketing | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
4 | I81C304 | Manajemen Strategis | 3 | W | 3 | 3 | |
5 | I81C305 | Matematika Bisnis | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
6 | I81C306 | Regulasi dan Hukum Bisnis | 3 | W | 3 | 3 | |
7 | I81C307 | Analisis Perilaku Konsumen | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
Jumlah Beban Semester | 21 |
Semester 4
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | I81C401 | Design Thinking | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
2 | I81C402 | Bisnis dan Ekonomi Global | 3 | W | 3 | 3 | |
3 | I81C403 | Web Design and UI/UX | 3 | W | 1 | 2 | 3 |
4 | I81C404 | Etika Bisnis | 3 | W | 3 | 3 | |
5 | I81C405 | Sosiologi Digital | 3 | W | 3 | 3 | |
6 | I81C406 | Studi Kelayakan dan Rencana Bisnis | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
7 | I81C407 | Ekonomi Digital | 3 | P | 3 | 3 | |
Jumlah Beban Semester | 21 |
Semester 5
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | I81C502 | E-Commerce | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
2 | I81C503 | Costumer Relation Management | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
3 | I81C504 | Cloud System (Knowledge Management) | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
4 | I81C505 | Metode Penelitian | 3 | W | 1 | 2 | 3 |
5 | I81C501 | Blockchain Economy | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
6 | I81C506 | Transaksi Digital dan Fintech | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
7 | I81C507 | Business Intelligence | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
8 | I81C508 | Social Media Analysis | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
9 | I81C509 | Pasar Modal | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
Jumlah Beban Semester | 27 |
Semester 6
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | I81C601 | Digital Risk Management | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
2 | I81C602 | System Thinking | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
3 | I81C603 | SImulasi Bisnis Digital (DS) | 3 | W | 1 | 2 | 3 |
4 | I81C604 | Architecture Enterprise | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
5 | I81C605 | GIS for Business | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
6 | I81C606 | Smart City Analysis | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
7 | I81C607 | Supply Chains Management | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
8 | I81C608 | Machine Learning | 3 | W | 1 | 2 | 3 |
9 | I81C609 | Bigdata | 3 | P | 1 | 2 | 3 |
Jumlah Beban Semester | 27 |
Semester 7
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | I81C701 | Simulasi Bisnis Digital (DM) | 3 | W | 1 | 2 | 3 |
2 | I81C702 | Central Bank Digital Currency (CBDC) | 3 | P | 1 | 2 | 3 |
3 | I81C703 | DKV Brand Lokal (2:1) | 3 | W | 1 | 2 | 3 |
4 | I81C704 | Bisnis Intersip/KKN | 3 | W | 3 | 3 | |
5 | I81C705 | Etika dan hukum Cyber | 3 | P | 3 | 3 | |
6 | I81C706 | Cryptocurrency | 3 | P | 2 | 1 | 3 |
7 | I81C707 | Seminar Konsentrasi | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
Jumlah Beban Semester | 21 |
Semester 8
NO | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | W/P | Bobot SKS | Jumlah | |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Teori | Praktik | ||||||
1 | I81C801 | KKN | 3 | W | 0 | 3 | 3 |
2 | I81C707 | Seminar Konsentrasi | 3 | W | 2 | 1 | 3 |
3 | I81C801 | Skripsi / Project | 6 | W | 6 | 0 | 6 |
Jumlah Beban Semester | 12 |
Total sks yang wajib diselesaikan selama Studi S1 Bisnis Digital 146
Total mata kuliah Wajib : 128 SKS
Total sks MK Pilihan 39